Menulis Notasi dengan MuseScore

Akhirnya kampus saya punya orkestra sendiri! 😀 Meskipun memang belum lengkap dari segi instrumen dan personalnya. Tapi ini pencapaian yang cukup bagus sebelum saya lulus. Hehehe. Kudos buat temen-temen di Eka Sanvadita Orchestra.

Kadang-kadang sih saya dikasih tugas buat menulis aransemen dari beberapa lagu yang akan dimainkan. Jadi deh saya nyari perangkat lunak yang pas. Dan saya akhirnya nemu MuseScore.

Image

Aplikasi ini sudah ada di repository Ubuntu maupun BlankOn. Silahkan menjalankan perintah pemasangan sakti untuk memasangnya:

sudo apt-get install musescore

Saya rasa aplikasi ini sudah sangat baik. Saya suka karena memang khusus digunakan untuk menulis notasi. Tidak seperti Guitar Pro yang biasa digunakan dengan lebih mengutamakan tampilan tab baik gitar maupun piano. MuseScore murni harus menulis notasi, jadi bisa sekalian belajar not balok. Bagus buat orang awam seperti saya. Ngomong-ngomong kalo alternatif Guitar Pro ya TuxGuitar.

Selain sekedar nulis, MuseScore juga bisa memutar yang kita tulis dan mengekstraknya menjadi berkas berformat MIDI.

Asyiknya MuseScore ini Free Software dan menyediakan buku panduan yang lengkap di website resminya. Jadi meskipun tidak ada yang mengajari, ya bisa aja coba-coba sambil baca buku panduannya.

Menggunakan MuseScore bagi saya juga berarti sebuah komitmen untuk menggunakan FOSS dalam bidang lain selain IT. Dan ini terbukti bisa, ya, kita tidak perlu mengalirkan uang terlalu banyak untuk membeli perangkat lunak. Selamat berekspresi! 🙂

7 thoughts on “Menulis Notasi dengan MuseScore

  1. mohon bantuannya bos, bagai mana cara menulis nada tritoe (tiga nada dalam satu bendera) pada aplikasi musescore

    • Pilih panjang not yg akan dibuat menjadi tritone, kemudian pencet Ctrl + 3. Misal not satu ketuk (not 1/4 atau quaver) akan dibikin tritone, not tsb dipilih kemudian pencet Ctrl + 3, secara otomatis kita akan ada di mode menulis dan tinggal mengisi 3 not yg diinginkan. Semoga membantu.

Leave a comment