Menulis Notasi dengan MuseScore

Akhirnya kampus saya punya orkestra sendiri! 😀 Meskipun memang belum lengkap dari segi instrumen dan personalnya. Tapi ini pencapaian yang cukup bagus sebelum saya lulus. Hehehe. Kudos buat temen-temen di Eka Sanvadita Orchestra.

Kadang-kadang sih saya dikasih tugas buat menulis aransemen dari beberapa lagu yang akan dimainkan. Jadi deh saya nyari perangkat lunak yang pas. Dan saya akhirnya nemu MuseScore.

Image

Aplikasi ini sudah ada di repository Ubuntu maupun BlankOn. Silahkan menjalankan perintah pemasangan sakti untuk memasangnya:

sudo apt-get install musescore

Saya rasa aplikasi ini sudah sangat baik. Saya suka karena memang khusus digunakan untuk menulis notasi. Tidak seperti Guitar Pro yang biasa digunakan dengan lebih mengutamakan tampilan tab baik gitar maupun piano. MuseScore murni harus menulis notasi, jadi bisa sekalian belajar not balok. Bagus buat orang awam seperti saya. Ngomong-ngomong kalo alternatif Guitar Pro ya TuxGuitar.

Selain sekedar nulis, MuseScore juga bisa memutar yang kita tulis dan mengekstraknya menjadi berkas berformat MIDI.

Asyiknya MuseScore ini Free Software dan menyediakan buku panduan yang lengkap di website resminya. Jadi meskipun tidak ada yang mengajari, ya bisa aja coba-coba sambil baca buku panduannya.

Menggunakan MuseScore bagi saya juga berarti sebuah komitmen untuk menggunakan FOSS dalam bidang lain selain IT. Dan ini terbukti bisa, ya, kita tidak perlu mengalirkan uang terlalu banyak untuk membeli perangkat lunak. Selamat berekspresi! 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Menulis Notasi dengan MuseScore

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s