Value dan Person

Akhir tahun kemarin, pasnya 30 Desember, saya dan beberapa teman-teman yang menamakan diri Klasikan Ae, membikin resital cello yang mungkin jadi pertama kali di Kota Madiun (ga tau juga sih ya kalau dulu mungkin pernah ada tahun 1884 misalnya). Yang main adalah teman saya yang juga cellist di Bandung Phil, namanya Firlie, pianist-nya Cipta. They played wonderfully!

Salah satu hal yang menarik adalah jumlah penonton yang dateng. Lebih sedikit dari resital saya di Mei 2017 lalu. Salah satu faktor adalah karena libur panjang, jadi ada orang-orang yang ingin datang tapi gabisa karena acara liburan dengan keluarga. Jumlahnya lumayan sih, seenggaknya ada satu keluarga yang saya tau mau nonton tapi gabisa karena liburan.

Faktor lain menurut saya lebih menarik. Ada orang-orang yang mungkin bisa datang tapi tidak datang karena yang main bukan saya. Bukan karena saking bagusnya saya main tentu saja. Lagian permainan Firlie dan Cipta kemarin lebih bagus daripada resital saya. Jadi akan nonton karena orangnya, bukan musiknya/konten.

Iya tentu saja itu gapapa. Bukan hal yang buruk juga. Sebagai penyelenggara pun hal kaya gini ga boleh jadi masalah, karena misinya membawa musik klasik ke Madiun. Tentu saja akan ada yang mau dengar dan tidak.

Yang tidak baik itu kalau sampai ribut, yang mungkin akan terjadi sebentar lagi, karena pilkada di mana-mana. Fenomena membela person yang didukung, pokoknya yang didukung itu benar, lawannya salah. Padahal kabar-kabar yang beredar di media pun susah buat dipastikan kebenarannya. Tiap media bisa berlawanan padahal memberitakan hal sama.

Makanya kita harus sadar, siapapun manusia bisa bikin salah. Harus lihat yang dilakukan, bukan cuma karena orangnya. Orang yang didukung pun harus dikritisi seperti lawannya. Jadi membela value, bukan person.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s