Bermain dengan Tangan Kiri yang Dinamis

Teknik ini mungkin saja tidak bekerja untuk semua orang.

Bermain tanpa shoulder rest menurut saya sangat menguntungkan. Shifting harus dilakukan dengan teknik yang berbeda. Baik memindahkan jempol dulu, atau jari dulu. Kebiasaan ini menjadikan kita terlatih, tangan kiri bergerak dengan kesadaran lebih, berubah-ubah secara dinamis untuk mencari bentuk paling efisien pada passage tertentu. Bukan hanya pada shifting, tapi juga kord, fingering yang rumit maupun interval yang jauh. Sedang bermain dengan shoulder rest membuat tangan kiri lebih rigid, karena kebanyakan shifting dilakukan hanya dengan gerakan lengan, dengan form tangan kiri yang lebih rigid.

Untuk memahami bagaimana saya bermain tanpa shoulder rest, silahkan baca tulisan sebelumnya ‘Berlatih Tanpa Shoulder Rest’.

Mari lihat kord berikut:

Kord ini ditulis dalam D mayor. Sehingga komponen kord adalah: A3-D4-B4-F#4.

Fingering apa yang terpikirkan? Pertama kali saya melihat kord ini saya terpikir fingering: 1-0-2-2. What do you think? 

Ini adalah kord suatu passage di karya Bach untuk solo biola yang terkenal, Chaconne dari Partita no. 2. Memang sulit ya, mengingat bagian ini harus dimainkan arpeggio, artinya jari-jari harus tetap memencet nada.

Mari lihat juga kord sebelumnya:

(Ingat passage ini ditulis dalam D mayor). Sepertinya kord sebelumnya (kord B minor) kita akan setuju dengan fingering: 2-0-1-1. Jadinya saya juga berpikir fingering yg paling efisien untuk kord di ketukan ketiga juga 2-0-1-1. Kita mengekstens jari 2 ke belakang. Bagi saya ini bentuk tangan yang tidak biasa. Tapi ini efisien, mengingat kita berpindah dari kord sebelumnya yang menggunakan fingering yang sama. Bagi saya posisi ini juga memudahkan senar D tidak tersentuh jari lain, daripada fingering: 1-0-2-2.

Kita bisa melakukan ini tanpa biola:

Jadi kita juga bisa melakukan ini:

Di Chaconne karya Bach ini juga akan banyak kita temukan hand-twister di tempat lain. Juga di banyak tempat di 6 Sonata dan Partita milik Bach. Memang diperlukan form tangan kiri yang dinamis untuk memainkan Sonata dan Partita. Dan lagi-lagi, berlatih tanpa shoulder rest memudahkan melatih form tangan kiri yang dinamis. Tanpa shoulder rest, ekstensi dan form tangan kiri yg dinamis sangat penting untuk shifting.  Dengan terlatihnya mengubah form tangan kiri untuk shifting, akan lebih mudah juga mengubah form tangan kiri untuk keperluan lain.

Mari kita lihat juga potongan dari 1st violin Dvorák Symphony no. 8, bagian ke-4 berikut:

Bagaimana fingering untuk passage ini? Terutama di birama keempat (not quaver). Kalau saja intervalnya oktaf mungkin kita tidak terlalu pusing. Tapi ini tidak oktaf, kita harus berpikir cara lain. Ini fingering yang saya gunakan:

Semoga jelas ya gambarnya. Untuk lebih jelasnya, mari ambil gambar dari fingering ini, untuk menghemat, kita ambil gambar jari untuk birama ke empat:

Dengan teknik ini, lengan kiri selalu pada posisi tetap, namun tangan kiri dan jari yang dinamis. Dengan teknik ini, bisa dikatakan tidak dilakukan shifting sama sekali. Perpindahan dari not B flat ke G flat akan jadi relatif lebih aman, karena jari 1 menjadi patokan perpindahan jari 3, not E flat yg lebih rendah juga bisa dilatih dengan waktu relatif singkat, mengingat ekstensi ke belakang terdapat pada banyak latihan-latihan lain. Melakukan shifting tangan kiri ke belakang dengan tangan seluruhnya melalui gerakan lengan menurut saya lebih beresiko terlebih pada passage semacam ini, yang intervalnya tidak biasa.

Teknik ini mungkin memang tidak bekerja untuk semuanya. Tapi semoga berguna, memberikan ide baru untuk menyelesaikan masalah dengan kreatifitas yang kita punya.

Semoga tulisan dan gambar-gambarnya bisa dipahami 🙂

*music sheets are from imslp.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s