‘Radar Exercise’ dari Prof. Terje Moe Hansen untuk Berlatih Oktaf

Dulu itu, awal bulan Agustus 2014, saya ikut Music Camp yang diadakan sama Ekstensya. Selama music camp waktu itu, diajari banyak hal sama Prof. Terje Moe Hansen. Beliau ini profesor biola di Malmø Academy of Music dan Norwegian State Academy of Music.

Prof. Terje ini menulis sebuah metode untuk mempelajari shifting ke semua interval yang mungkin di alat musik gesek. Metode ini dibuat agar shifting ke semua tempat di fingerboard jadi aman, tingkat presisi yang sama baiknya di semua not. Tentu saja Prof. Terje waktu itu mengajarkan metode ini pada kami.

Metode ini secara umum bisa kita tonton di video YouTube berikut.

Salah satu latihan yang saya ingat baik-baik itu ‘Radar Exercise’. Aduh saya malas menjelaskan apa itu Radar Exercise. Kalau sudah nonton video di atas pastinya sudah tau lah ya.

Pada suatu hari sampailah pembelajaran biola saya di materi oktaf (double stop). Memainkan oktaf itu purely shifting, selalu shifting meskipun jaraknya cuman setengah. Eh, meskipun ada juga yang main oktaf ga banyak shifting, pakai jari 1 dan 3, kemudian not major/minor 2nd pakai jari 2 dan 4 seperti Alexander Markov. Ya buat saya yang amatir tentu saja sebaiknya saya pakai jari 1 dan 4 dan shifting, kalau mau meniru Alexander Markov kapan-kapan lah.

Balik lagi, karena main oktaf itu purely shifting saya berpikir untuk menggunakan Radar Exercise dari Prof. Terje untuk latihan oktaf. Yah begitulah, jadi kalau saya sedang latihan oktaf, saya mulai dengan latihan tangga nada dalam oktaf, biasalah D mayor:

scaleoktaf

Kalau sudah lumayan bagus, coba deh Radar Exercise dimainkan dalam oktaf:

radar1

radar2radar3

Menulis Radar Exercise ini dalam bentuk oktaf sudah dapat ijin dari Prof. Terje. Beliau juga berpesan:

You can use all interval double stop, octaves thirds etc. with the radar exercise. To work with the sound: use all kind of relaxing exercises to open the mobility to all joint.

Itu artinya apa? Silahkan terjemahkan dan selamat berlatih!

PS: Radar exercise ini satu dari banyak lagi exercises yang ditulis oleh Prof. Terje Moe Hansen. Untuk dapat info yang lebih banyak pergi saja ke website Prof. Terje: http://terjemoehansen.com/

Leave a Reply

