Sangat Luas…

Surga itu luas sekali, seluas langit dan bumi. Padahal langit saja kita tidak tahu seluas apa. Seandainya semua manusia yang pernah hidup itu masuk surga, surga tidak akan terasa sempit.

Jadi tidak perlu iri dan menjatuhkan orang lain yang sholeh, calon penghuni surga. Karena kalaupun banyak orang lain yang sholeh kemudian masuk surga, pasti masih ada ruang tersisa yang masih sangat luas buat kita. Jadi yang perlu dilakukan adalah menjadi sholeh juga, supaya kita sendiri masuk surga bersama yang lain.

Rejeki Allah juga sangat luas, kita tidak mampu menghitungnya. Rejeki-Nya akan selalu cukup untuk semua makhluk di bumi. Kalau orang lain sukses di suatu hal, rejeki Allah tidak akan habis sampai di situ, tentu juga masih sangat banyak sekali tersisa untuk kita.

Jadi tidak perlu menjatuhkan orang lain agar kita kebagian rejeki kan? Karena sejatinya memang tidak terbatas. Yang perlu dilakukan adalah kita berusaha sekuat tenaga untuk mendapat rejeki Allah supaya diri kita sendiri kebagian, sehingga menjadi berkecukupan seperti orang lain yang juga berusaha.

Saya sekarang berusia lebih dari 20, mungkin cukup tua untuk seorang pembelajar biola dalam standar masa ini. Saya juga sadar banyak sekali orang lain yang berusia sama bahkan lebih muda yang bisa bermain jauh lebih baik. Tapi dengan pemahaman seperti di atas, bukan tidak mungkin saya akan sukses di kemudian hari, bersama-sama orang lain yang berusaha sekuat tenaga. Yang penting berusaha keras untuk belajar dan terus berlatih, tidak menyerah.

Saya tidak berpikir bahwa hidup ini adalah kompetisi, tapi saya lebih setuju bahwa dalam hidup, siapa yang berusaha akan mendapat balasan yang sepadan. Tidak seperti kompetisi yang walaupun Anda tidak berkualitas baik, bisa jadi Anda menang, asalkan yang lain tidak lebih baik dari Anda.

Apapun yang sedang kita usahakan dan kita menyukainya, jangan berhenti melakukannya. Meskipun berat tidak akan berarti karena kita senang. Berusaha terus, Allah akan memberi hadiah atas usaha dan doa kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s