Lulus Tepat Waktu Nilai Bagus, Apa Itu Orang Hebat?

Ketika kita kuliah kemudian dapat menyelesaikan dgn baik. Misal lulus tepat waktu, cumlaude, Tugas Akhir terbaik, dan prestasi-prestasi lain, apakah itu berarti kita lebih unggul dari yang lain? Apakah yang lulusnya lama adalah mahasiswa bodoh?

Atau, kita seorang pegawai suatu perusahaan, kerja bagus sepenuh hati, lebih cepat naik jabatan. Apakah itu berarti kita manusia yang lebih unggul dibanding yang lain?

Sepertinya iya, orang-orang itu terlihat lebih hebat dari yang lain.

Tapi, saya mau berpendapat, saya tidak setuju. Saya ingat pakar IT dan pendukung perangkat bebas merdeka, Onno W. Purbo berpendapat yang isinya: yang susah itu bukan jadi ahli, itu kan tinggal belajar saja, yang susah justru menemukan apa yang kita suka.

Jadi saya menganggap orang-orang yang terlihat hebat dari orang lain itu sebenarnya tidak hebat-hebat amat. Bukan hebat, tapi beruntung. Beruntung karena diberi bakat. Beruntung karena Allah Yang Maha Kuasa menunjukkan jalan sehingga orang-orang hebat tadi menemukan passion mereka. Coba deh orang-orang ga nemu apa kesukaan masing-masing, apakah pekerjaan mereka akan dilakukan sepenuh hati?

Tapi ketika passion sudah ditemukan, ya jelas ada keinginan menjadi hebat sesuai passion. Lebih besar kemungkinan menjadi sukses.

Intinya, tidak ada manusia yang lebih hebat dari yang lain, lebih mulia dari manusia yang lain. Yang ada orang-orang yang beruntung dan belum beruntung.

Yang beruntung artinya harus menjadi manusia yang lebih banyak bersyukur. Allah sudah menunjukkan di mana kesukaan kita, itu keberuntungan yang besar. Kita bersyukur juga dengan tidak menyia-nyiakan keberuntungan itu: kerjakan yang disuka sepenuh hati, sebaik semampu kita. Dan berdoa supaya dimudahkan agar banyak memberi manfaat dengan melakukan apa yang disuka.

Yang belum beruntung juga bersyukur: mungkin harus banyak berusaha, mencari, mencoba banyak hal, sampai ada yang sesuai kesukaan hati. Dan berdoa, semoga Allah memudahkan jalannya.

Saya jadi ingat doanya Pidi Baiq:

Ya Allah, jadikan pikiran kami melangit dengan hati yang tetap membumi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s