Edukasi

Richard Matthew Stallman yang seorang atheist mendirikan proyek GNU sekitar tahun 1980an. Dia bukan cuma ingin membuat sistem operasi yang secara teknis canggih, tapi lebih dari itu, dia ingin membantu orang lain agar bisa menggunakan komputer dengan bebas, tanpa tekanan perusahaan manapun, tanpa ikatan lisensi yang merugikan. Dia programmer hebat, belajarnya saja di kampus MIT. Tapi di luar kemampuan teknisnya sebagai programmer, ia juga punya keinginan berbuat baik, terutama lewat kemampuan programming-nya.

Sinichi Suzuki, seorang pendidik musik yang terkenal dengan Suzuki Method-nya. Bukan hanya mengajarkan teknik bermain biola, tapi juga mengajarkan pada murid-muridnya untuk mendengar. Tidak hanya mendengar musik, tapi mendengar keluhan orang lain bahkan sebelum orang lain menyampaikan keluhannya. Dari belajar biola, murid-muridnya juga diajari banyak hal tentang menjadi pribadi yang lebih baik.

Kalau pengalaman saya, bermain biola lebih banyak mengajarkan saya menjadi pribadi yang lebih baik daripada belajar tentang teknik ketika kuliah HAHAHA. Maksud tulisan ini bukan itu kok.

Maksud saya, apapun bidang yang kita tekuni semestinya menjadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik. Setidaknya kita tidak jadi sombong ketika belajar, karena kita kemudian tau bahwa lebih banyak hal yang belum kita kuasai.

Buat apa dong kita gunakan banyak waktu, tenaga, pikiran, harta untuk kuliah misalnya, tapi kuliah tidak menjadikan budi pekerti kita menjadi lebih baik.

Kita tidak mau juga kan setelah belajar dan punya ketrampilan kemudian menggunakannya untuk tujuan yang tidak baik.

Atau kalau perlu, kata-katanya dibalik: jika ingin menjadi pembelajar yang baik harus punya pribadi yang baik. Pembentukan pribadi yang baik juga perlu belajar. Ya apapun yang dipelajari.

Bingung deh saya kata-kata ga jelas begini haha.

Jadi semuanya bermula dari belajar apapun yang muaranya suatu ketrampilan yang baik dan budi pekerti yang baik.

Misalnya ingin jadi pemain biola yang hebat, maka harus belajar dan berlatih sampai menguasai teknik bermain biola, sekaligus melatih diri menjadi pribadi yang lebih baik. Karena memang harus begitu, seperti kata Sinichi Suzuki:

From a beautiful heart comes beautiful tones

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s