Budaya Indonesia di Jagad Maya

Dulu pernah saya ikut jadi tim pengrawit semasa masih sekolah di SMA 3 Madiun. Saya main bonang penerus. Saya ingat dulu diajari suatu teknik yang dinamakan seleh dan sekaran pas main bonang.

Dulu juga ketika sudah kuliah, saya lupa beberapa teknik itu. Jadi saya buka internet, dan googling masalah seleh dan sekaran siapa tau ada yang menuliskan. Ternyata ada! saya senang karena jadi ingat lagi, tapi sekaligus sedih, sangat sedih, karena tulisan tentang seleh dan sekaran tertulis pada website sebuah universitas di Amerika!

Pernah juga saya mencari tutorial bermain musik keroncong, musik asli Indonesia ini. Sedih lagi, karena saya menemukan tutorial di sebuah blog berbahasa Malaysia!

Eh, mengapa ya saya tidak menemukan tulisan-tulisan terkait budaya saya sendiri yang ditulis oleh orang Indonesia sendiri di internet? Padahal banyak saya nemu orang barat yang mengajarkan kesenian dari asalnya, misal bermain biola melalui website maupun Youtube.

Apa memang budayawan kita merasa kurang perlu menuliskan budaya negeri ini di internet? Sehingga dibiarkan saja sebagai literatur-literatur tertulis/tercetak di perpustakaan? Di mana saya bisa menemui literatur-literatur itu ketika saya ingin belajar?

Oke, saya belum paham.

4 thoughts on “Budaya Indonesia di Jagad Maya

    • Diusahakan mas, hehe. Karena kapasitas buat nulis ilmu Keroncong belum cukup. Keroncong yg aku maen masih Keroncong mainan.

      Aku juga akan usul ke pengurus karena mereka udah dikasih domain bagus djawa.org.ittelkom.ac.id

      • at least nge-share partitur yang udah pernah dimainkan

        oh ya
        coba diusulin juga biar contributor-nya bisa banyak, karena dari blog-blog yg sebelumnya juga mandheg. barangkali kita2 yang masih rajin ngeblog bisa contribute 😀

Leave a Reply

