Belajar Sejarah Komputer dan Internet

Saya teringat beberapa semester lalu, dosen saya bercerita kalau beliau ingin mengusulkan mata kuliah baru untuk mahasiswa tingkat satu. Mata kuliah yang membahas mengenai pengenalan piranti dan komponen-komponen elektronika. Ya, saya juga merasa itu penting buat mahasiswa tingkat awal. Supaya tahu mengapa dibuat komponen-komponen itu, apa saja fungsi tiap komponen, mengapa dan di mana harus digunakan, dan sebagainya.

Saya jadi juga mikir. Kalau mahasiswa Teknik Informatika atau Sistem Komputer, mungkin saja harus dikenalkan hal dasar seperti itu, tentu yang sesuai bidangnya: Perangkat Lunak. Pengenalan Perangkat Lunak mungkin perlu. Bahkan menurut saya yang lebih perlu adalah Sejarah Komputer, Perangkat Lunak dan Internet (terutama di Indonesia). 

Pelajaran sejarah seperti ini penting bagi saya karena muatan filosofinya yang baik. Misal sejarah adanya Perangkat Lunak Bebas (Free) dan terbuka (Open Source) yang dilandasi oleh itikad baik para programmer terbaik dunia saat itu. Para programmer terbaik dunia yang ingin membantu orang dengan program-program-nya dan merasa bantuan yang mereka berikan lebih berharga dari uang. Misal juga perjuangan pembebasan frekuensi 2,4 GHz yang dilakukan pejuang internet di Indonesia. Bisa dibaca di speedywiki. Tentu hal ini memupuk semangat berbuat baik dan nasionalisme. 

Lebih baik lagi kalau ini diberikan ke anak-anak SMP dan SMA melalui mata pelajaran TIK. Jadi TIK jangan dihapus dari kurikulum. 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s