Mahasiswa dan Tulisan

Mungkin saya yang belum tahu sejarah. Mengapa hanya di Indonesia murid di perguruan tinggi disebutnya ‘mahasiswa’? Padahal dalam Bahasa Inggris misalnya, tetap saja mau siswa SMA atau perguruan tinggi disebutnya ‘student’. Mungkin memang siswa perguruan tinggi di Indonesia memang lebih istimewa?

Saya teringat kalau ada punya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Nilai-nilai yang baik dalam Tri Dharma tersebut tentu perlu dijunjung tinggi. 

Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke ini tentu punya kompleksitas yang tinggi. Permasalahannya tentu sangat banyak. 

Peran Mahasiswa & Media Sosial

Media sosial sudah jadi ‘kebutuhan pokok’ buat orang Indonesia. Jakarta dan Bandung masuk sepuluh besar kota dengan twit terbanyak. Pengguna facebook di negeri ini juga sangat luas. 

Media sosial ini tentu menjadi wadah yang bagus buat mahasiswa mensosialisasikan sesuatu. Tentu bertujuan agar negeri ini lebih baik. Mungkin ini salah satu tujuan penting bagi mahasiswa menggunakan media sosial.

Memberikan informasi yang penting buat masyarakat bisa dilakukan oleh mahasiswa di level ‘rakyat kecil’ seperti saya. Tidak harus semua dilakukan mahasiswa setingkat pengurus BEM. Tentu karena adanya media sosial.

Saya merasa tulisan mengenai permasalahan rakyat yang ditulis oleh mahasiswa di Indonesia masih belum banyak. Rasa-rasanya masih lebih banyak curcol dengan perbandingan yang jauh, hehehe.

Bukankah rakyat butuh pencerahan dalam banyak hal. Sudah pahamkah masyarakat tentang kebiasaannya yang berpengaruh pada kesehatan? Sudah pahamkah masyarakat kalau menanam padi sebaiknya ada jarak sekian dari satu tanaman ke tanaman lain agar hasil panen lebih banyak? Pahamkah masyarakat tentang seni dan budayanya? Banyak hal lain yang kita tidak ketahui.

Jika Anda mahasiswa komputer, bukankah baik jika menuliskan tentang Free Software? Jika Anda mahasiswa pertanian, tidakkah bagus menuliskan bagaimana menanam padi yang baik dan membagikannya di media sosial? Jika Anda mahasiswa hukum tidakkah baik menuliskan suatu hal berkaitan dengan hukum agar masyarakat sadar hukum? Jika Anda mahasiswa seni dan budaya, tidakkah malu jika seseorang melakukan pencarian tentang seleh sekaran ternyata yang muncul adalah artikel berbahasa Inggris dari luar negeri?

Mensosialisasikan semua yang perlu menjadi penting. Ini bisa dilakukan mahasiswa dengan menulis baik di blog, tumblr, atau di manapun. Ketrampilan menulis tentu juga akan terasah.

Sudah jam 3, mungkin mau nonton Champions League. Jadi mari manfaatkan media yang ada untuk Indonesia lebih baik, sekecil apapun langkaha kita. Selamat malam! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s