Sepertinya Bahasa Indonesia Perlu Praktikum

Dulu ada mata kuliah Bahasa Indonesia dan berfokus pada penulisan karya ilmiah. Termasuk di dalamnya format penulisannya, bagaimana menuliskan Judul, Bab, Sub bab, Paragraf, dan sebagainya. Ya, ya, kita diajari itu semua. Tapi rasa-rasanya, sekarang ketika harus bikin proposal Proyek Akhir, penguasaan mata kuliah Bahasa Indonesia ini bermasalah.

Entahlah, sepertinya kita memang lupa pada kaidah-kaidah penulisan itu. Tapi ada fakta lain, nyatanya, kita memang tidak bisa menggunakan program pengolah kata untuk menuliskan proposal! He he he. Masak iya, tiap-tiap bagian jadi berkas-berkas tersendiri. Halaman pengesahan satu berkas sendiri, halaman judul satu berkas sendiri, Bab 1 satu berkas sendiri, Daftar Pustaka satu berkas sendiri, dll. Setelah kuliah dan segera lulus (Amin) ternyata kita belum bisa melakukannya dengan benar.

Jadi menurut saya, matakuliah Bahasa Indonesia perlu ada praktikum! Bukan sekedar teori di kelas yang bakal kita lupakan setelah keluar dari pintu kelas. He he he. Praktikum untuk menggunakan program pengolah kata agar sesuai dengan aturan penulisan karya ilmiah. Penggunaannya tentunya yang efektif dan efisien sesuai fitur program tersebut. Bukan satu bagian satu berkas tersendiri. Tentunya akan baik sekali jika ketrampilan ini sudah dimiliki sejak sekolah, SMA atau bahkan SMP.

Hasilnya, ya kita bisa membuat template program pengolah kata yang sesuai dengan penulisan karya ilmiah. Satu berkas untuk seluruh bagian tulisan karya ilmiah.

Praktikum yang dilakukan harusnya pakai LibreOffice atau OpenOffice karena itu yang free. Ya kita kan masih di lingkup pendidikan, masak mau pakai program yang belum tentu mampu kita beli. Itung-itung penghematan anggaran. Selain itu memang format berkas perkantoran yang SNI (ODF) memang didukung penuh baik oleh LibreOffice maupun OpenOffice. Untuk modul praktikum, bisa mereferensi buku elektronik ini

Rasa-rasanya kalau kampus saya, mau ga ya ada praktikum Bahasa Indonesia kayak gini. Saya ga yakin. Makanya dari judul tulisan ini saja sudah ketahuan saya berspekulasi. Menurut saya, ga ada ruginya kalau ada praktikum ini. Atau ada yang mau mengadakan pelatihan barang sehari atau dua hari dengan materi semacam ini? Entahlah, silahkan berspekulasi lagi untuk menjawabnya. Selamat Sabtu Malam! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s