Menggabungkan Shell Script dengan Python

Lama nih saya ga nulis di blog lagi (biasanya emang jarang nulis. hehe). Kali ini saya lagi belajar bahasa pemrograman Python. Yak, saya pemula banget. Cuman pingin berbagi dikit aja tentang bagaimana menggabungkan pemrograman shell dengan python. Ini bisa dilakukan dengan memanggil pustaka subprocess.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bikin sebuah program shell sederhana dulu. Program shell ini nantinya yang akan dijalankan dari Python. Gunakan penyunting teks kesukaan Anda. Saya pake nano.

Image

Jangan lupa menambah atribut eksekusi pada program shell. Saya simpan dengan nama shell-hello jadi saya lakukan perintah chmod +x shell-hello.

Langkah kedua kita buat program python yang akan memanggil. Saya pake nano lagi:

Image

Oke, saya simpan dengan nama panggil-hello.py. Sekarang tinggal jalankan saja melalui terminal dan lihat hasilnya:

Image

Nemu blog bagus nih buat yang mau belajar python: http://klinikpython.wordpress.com/

Selamat malam! 🙂

2 thoughts on “Menggabungkan Shell Script dengan Python

Leave a Reply

