Google Hacking, Permudah Pencarian

Bolehlah saya bilang, Google Hacking adalah suatu teknik mencari informasi melalui search engine Google. Informasi ini bisa saja berupa kesalahan dari sebuah web yang tidak disadari oleh si pembuat web. Teknik ini dilakukan dengan cara mencari keunikan dari setiap halaman yang dicari. Begitulah kata buku C|EH karangan master S’to.

Ya tapi sebagai pembaca, sebaiknya tidak mempelajari teknik ini untuk tujuan yang tidak baik. Semoga saja bisa membantu kalau-kalau lagi mencari sesuatu yang penting.

Beberapa teknik yang cukup simple bisa Anda coba. Misalkan saja untuk mencari sebuah file bertipe .pdf, .ppt (biasa mahasiswa cari) atau apalah yang Anda inginkan, pake aja perintah filetype: diikuti tag yang ingin dicari. Misalkan nih, saya mau cari pdf tentang mata kuliah komunikasi data, okelah saya ketik filetype:pdf komunikasi data. Keluar deh.

pdf komunikasi data

Kalo mau nyari di suatu domain tertentu, bisa juga pake perintah site:. Misal nyari berita korupsi di detik.com bisa pake site:detik.com korupsi. Maka akan muncul hasilnya di detik.com dan sub domainnya.

Masih banyak sih teknik-teknik mencari informasi seperti ini. Masih ada perintah inurl:, intitle:, dan sebagainya. Bisa Anda coba-coba sendiri.

Untuk mempelajari lebih lanjut. Langsung aja ya maen ke si master Google Hacking yang udah bikin databasenya di http://www.hackersforcharity.org/ghdb/

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s