Yang Seperti Ini Masih Ada di Sukabirus

Foto ini saya ambil di kost temen yang ada di Sukabirus. Kost ini dekat dengan Masjid Syamsul Ulum IT Telkom. Ini hanya bukti kecil bahwa sebagian masyarakat kita masih percaya sama yang namanya jimat, dukun, jin, dsb. Silakan cek dulu foto di bawah ini.

 

Jimat ini dipasang di atas pintu. Biasanya di daerah saya di Jawa Timur ini disebut rajah. Rajah ini cuman kertas biasa atau mungkin lempengan logam yang bertuliskan huruf-huruf Arab. Mungkin isinya ada sebagian yang merupakan ayat-ayat Al-Qur’an atau hadits. Tulisan lain mungkin ada yang tidak dikenal dari Al-Qur’an maupun hadits. Kalau dicermati, saya juga menemukan huruf-huruf Arab yang sebenarnya bisa disambung tapi tidak ditulis menyambung. Ada ba’ saja, ha’ saja’, alif saja, dsb. Menurut Ustadz yang dulu mengisi materi Ruqyah massal di daerah saya di Madiun, itu merupakan kode-kode yang dibuat manusia untuk berkomunikasi dengan jin.

Mungkin ini digunakan agar rumahnya aman dari gangguan pencuri. Mungkin begitu karena saya temukan di atas dua pintu masuk rumah tersebut.

Tentunya pemahaman yang kurang terhadap masalah akidah perlu dibenahi. Saya cuma memberi saran ke Keluarga Besar Syamsul Ulum agar setidaknya mengadakan kajian untuk lebih memahamkan masyarakat sekitar. Kalau perlu dibikin acara ruqyah massal sekalian.

Marilah menjadi mahasiswa yang ikhlas berbagi pada masyarakat. 🙂

One thought on “Yang Seperti Ini Masih Ada di Sukabirus

Leave a Reply

